4 Kelebihan Tas Kulit Sintetis, Tidak Hanya Terjangkau!

konveksi tas surabaya

Mayoritas orang menginginkan barang dengan kualitas dan daya tahan tinggi, terutama jika barang tersebut ialah tas yang terbuat dari kulit. Mengingat bahan kulit asli cenderung mahal banyak produsen tas mengakalinya dengan kulit sintetis. Ini turut menjadi alternatif tas kulit terjangkau dengan kualitas bagus.

Kendati disebut sintetis atau tidak orisinil kulit, tetapi tidak berarti kualitasnya buruk, lho. Ini biasa dipikirkan oleh orang yang bisa jadi kurang familier dengan tas kulit sintetis. Padahal, kelebihan tas kulit sintetis banyak. Adapun daftarnya dapat Anda simak sebagai berikut!

Mengenal Apa Itu Bahan Kulit Sintetis?

Pada dasarnya, bahan kulit sintetis atau faux leather, merupakan jenis bahan tiruan yang dibuat dari proses rekayasa kimia oleh manusia. Kulit sintetis sendiri meniru sifat-sifat kulit hewan asli tanpa penggunaan kulit hewan dalam pembuatannya. Bahan semacam ini cukup digemari kebanyakan orang. Tidak heran banyak konveksi tas Surabaya yang ramai memproduksi jenis tas ini.

Proses pembuatan kulit sintetis sendiri melibatkan beragam bahan seperti lilin dan pewarna untuk menciptakan tekstur dan tampilan yang menyerupai kulit asli.

Secara umum, terdapat dua jenis bahan kulit sintetis. Ini biasa digunakan untuk bahan tas kulit sintetis yang banyak digunakan kebanyakan orang. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Polyurethane (PU), merupakan jenis kulit sintetis yang terdiri dari dua lapisan, yaitu split leather (kulit asli yang terbagi di bagian dalam) dan polyurethane. Karena jumlah lapisannya yang sedikit, tekstur PU mengalami kerutan sehingga menyerupai kulit asli.
  2. Polyvinyl Chloride (PVC), adalah jenis kulit sintetis ini terdiri dari empat lapisan, termasuk kain (biasanya katun atau kanvas) sebagai dasar, lapisan expanded, lapisan kulit, dan lapisan PVC. Dengan jumlah lapisan yang lebih banyak, PVC memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan PU. Pori-porinya lebih sedikit, sehingga kurang rentan terhadap noda, dan sangat sesuai digunakan sebagai bahan dasar furniture.

Kelebihan Tas Bahan Kulit Sintetis

konveksi tas surabaya

Tingginya minat tas kulit sintetis tidak lepas dari kelebihan yang dimilikinya. Di samping itu, sebagai pelanggan Anda juga harus tahu secara cermat kelebihan tas kulit sintetis sebelum 

benar-benar membelinya atau menjadi distributor konveksi tas Surabaya. Adapun kelebihan kulit sintetis sendiri adalah sebagai berikut:

1. Harga tas kulit sintetis yang lebih terjangkau

Kelebihan pertama dari tas kulit sintetis adalah harga lebih terjangkau dibanding kulit asli. Ini disebabkan penggunaan bahan produksi yang lebih murah, efisiensi proses produksi, dan persaingan kuat di pasar. Meskipun harga dapat bervariasi tergantung pada merek, kualitas, dan tempat pembelian, secara umum produk tas kulit sintetis menawarkan nilai lebih baik bagi konsumen dari berbagai lapisan masyarakat.

2. Perawatan bahan kulit sintetis yang relatif lebih mudah 

Kelebihan kedua dari tas bahan kulit sintetis adalah perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan kulit asli. Tas kulit sintetis tidak memerlukan perawatan khusus seperti pelembab yang sering dibutuhkan tas kulit asli. Produk semacam ini sudah cukup dengan dibersihkan memakai kain lembut yang sedikit basah atau pembersih khusus tas kulit sintetis.

3. Tidak mudah terkena kotoran

Kelebihan ketiga dari tas kulit sintetis adalah ketahanannya terhadap kotoran. Bahan ini memiliki sifat yang tidak mudah menyerap cairan atau partikel kotoran, sehingga memudahkan dalam membersihkannya. Ini membuat produk yang terbuat dari kulit sintetis lebih mudah dijaga kebersihannya dan membutuhkan sedikit usaha dalam perawatan sehari-hari.

4. Menawarkan variasi motif dan tekstur

Tas kulit sintetis mempunyai motif dan tekstur yang bervariasi. Tas kulit sintetis mempunyai pilihan warna, motif, dan tekstur lebih banyak, termasuk warna yang eksotis yang mungkin sulit ditemukan dalam kulit asli. Hal ini memberikan fleksibilitas desain lebih besar bagi konsumen dalam memilih produk sesuai dengan preferensi mereka.

 

Cara Merawat Tas Bahan Kulit Sintetis

konveksi tas surabaya

Tertarik atau memang sudah punya tas kulit sintetis? Jangan sampai tidak mengetahui cara merawatnya, utamanya jika ada rencana memproduksinya di konveksi tas Surabaya. Jika absen di tahap ini, sudah pasti tas kulit sintetis Anda tidak akan awet sehingga kulitnya mudah terkelupas dan akhirnya rusak. Adapun cara merawat kulit sintetis sendiri cenderung mudah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Hindarkan Tas Kulit Sintetis dari Paparan Langsung Sinar Matahari

Agar tas kulit sintetis Anda tetap aman dan awet, sebaiknya jauhkan produk ini dari sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar matahari dapat menyebabkan kulit tas mengembang, kering, dan bahkan retak. Terlalu lama terkena sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut, seperti retakan yang berpotensi membuat tas menjadi rusak. Selain itu, sinar matahari juga memudarkan warna tas.

2. Bersihkan Tas Kulit Sintetis Secara Teratur

Rutin membersihkan tas kulit sintetismampu mencegah penumpukan debu yang berpotensi menjadi noda dan sulit dihilangkan. Akan tetapi, perlu diingat untuk tidak membersihkannya terlalu sering, setidaknya seminggu atau sebulan sekali saja. Buat mempraktikannya pun Anda bisa menggunakan kain microfiber lembut yang sedikit basah untuk mengangkat debu secara perlahan. Jika noda sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan campuran air dengan sabun lembut pada kain microfiber.

3. Menyimpan dengan Baik

Cara Anda menyimpan tas juga mempengaruhi umurnya. Sebaiknya, simpan tas kulit sintetis secara tegak dan rapi di dalam rak atau lemari daripada menumpuknya. Menyimpan tas dengan cara ditumpuk dapat merubah bentuk aslinya, sementara digantung dapat membuat tali atau pegangan tas terlalu meregang. Pastikan juga untuk menambahkan isian di dalam tas, seperti busa atau kain, untuk menjaga bentuknya.

4. Usahakan Tas Kulit Sintetis Tetap Kering

Jaga tas kulit sintetis tetap kering untuk mencegah pertumbuhan jamur. Pastikan rak atau lemari tempat Anda menyimpan tas tetap kering dengan membersihkannya secara teratur. Bila perlu, gunakan silica gel dalam tas untuk menyerap kelembapan berlebih. Jika tas terkena air, segera keringkan dengan kain lembut secara perlahan sebelum menyimpannya kembali.

5. Gunakan Pouch untuk Barang-barang Kecil

Untuk mencegah barang-barang kecil seperti lipstik atau blush on meninggalkan noda di dalam tas, gunakanlah pouch sebagai tempat penyimpanannya sebelum dimasukkan ke dalam tas. Hal ini dapat membantu menjaga kebersihan dan keindahan tas kulit sintetis Anda.

Nah, jadi begitulah kelebihan tas kulit sintetis dan cara merawatnya yang mudah. Jika Anda sudah punya atau berencana memilikinya, jangan sampai absen menerapkan cara di atas, ya. Untuk ulasan menarik lain seputar tas, temukan hanya di Tasindo, konveksi tas Surabaya.

Home
WhatsApp
Lokasi
Phone
Katalog